Permasalahan yang sering dijumpai oleh kebanyakan orang adalah anak yang susah makan. Banyak para ibu yang mengeluhkan kebutuhan gizi pada anak yang sulit makan terlebih jika berhubungan dengan sayuran dan buah buahan. Tak heran kebanyakan ibu mencari kiat jitu makanan sehat untuk anak yang susah makan demi memenuhi kebutuhan gizinya.

Memberi makan si kecil yang susah makan terbilang sulit karena kebanyakan makanan yang diberikan oleh ibu ditolak mentah mentah oleh si anak. Mereka lebih mengkonsumsi makanan praktis daripada menikmati masakan si ibu. Tentunya dengan mengkonsumsi makanan praktis juga meningkatkan resiko obesitas pada anak. Sebenarnya, bukan masakan rumah yang tidak disukai oleh si anakĀ  namun cara penyajian yang kurang menarik membuat anak anda malas untuk makan terlebih sayuran dan buahan. Untuk menyiasati fenomena tersebut, beberapa hal berikut bisa dilakukan untuk memberikan makanan sehat untuk anak.

Cara memberikan Makanan Sehat untuk Anak

makan bersama anak

Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua sebelum memberi makanan sehat untuk anak adalah menjadi contoh terlebih dahulu. Dengan menerapkan pola hidup sehat yang juga berlaku pada diri sendiri nyatanya meningkatkan kesadaran si kecil untuk makan di rumah. Kebiasaan baik ini bisa dimulai dengan waktu makan anak sama dengan waktu makan keluarga. Pastikan yang dikonsumsi anak sama dengan yang dikonsumsi orang tua. Selain menerapkan pola makanan sehat untuk anak sejak dini, disarankan untuk membiasakan diri untuk tidak selalu menuruti keinginan anak anda tiap kali makan. Terkadang anak anda terkesan memaksa hanya mengkonsumsi makanan yang mereka sukai saja. Sebagai alternatif, berikan pilihan makanan lain yang menarik agar anak tidak menjadi pemilih dalam urusan makan.

Sebenarnya anak yang tidak suka makan bukan membenci makanannya tapi penampilan dari makanan tersebut. Demi memenuhi kebutuhan makanan sehat untuk anak anda, disarankan untuk membuat banyak variasi bentuk makanan. Bentuk makanan yang unik akan menarik minat anak untuk mencicipi makanan tersebut. Tak hanya itu, buat anak anda terlibat dalam kegiatan menyiapkan makanan guna meningkatkanĀ  minat anak terhadap makanan yang dibuat si ibu. Jadi, tidak ada alasan lagi anda tidak menemukan makanan sehat untuk anak yang susah. Sebenarnya, bukan makanannya yang tidak disukai oleh si anak, dibutuhkan kreatifitas dari si ibu demi meningkatkan kesadaran bahwa makanan sehat itu baik untuk tubuh.